Sabtu, 22 Agustus 2015

Liburan ke Karimun Jawa

Banyak banget email, komen di instagram, line, wassap, bbm yang nanya ladypon kemana? kenapa enggak pernah nulis di blog lagi? Rasanya udah kayak lebaran ditanyain para sesepuh kapan kawin deh.

Saya masih disini semuanya, masih hidup, cantik dan seksi. masih jadi makeup artist juga. Jadi kalau kamu yang butuh makeup artist di solo, jogja, semarang, jakarta, bandung, dimanapun, saya siap kok buat kesana. Sekarang saya lagi menikmati banget waktu tanpa dikejar deadline, sibuk kesana-sini buat traveling dan liburan. Buat yang mau kepo instagram traveling saya bisa ke https://instagram.com/ladypon/ . 

Impian saya dari kecil adalah keliling dunia, sekarang sedikit demi sedikit saya mulai mewujudkannya mulai dari indonesia dulu.

Kayak contohnya kemarin, saya sempet ke Karimun Jawa berdua sama temen saya, Radit. Karimun jawa sendiri terletak di Kabupaten jepara, sekitar 5 jam dari solo melalui jalur darat. Kami berdua naik motor dan ternyata capek juga.





Ngomong-ngomong soal Radit, dia ini partner jalan saya dari jaman SMA. Dulu banget kami pernah ke Malang naik motor dari Solo, terus waktu saya lagi bosen dia orang yang paling gampang saya ajakin ke pantai malem-malem, setelah itu paginya pulang. Bener-bener selo dan asyik banget anaknya. Tapi sayangnya, semenjak semester 3 kuliah dia berubah. Mulai dewasa dan mikirin kerjaan terus kalo diajak main atau jalan susah. Dulu yang dia orangnya ramah dan kalo saya bilang agak gila sekarang sopan dan aga sikap banget. Saya kangen Radit yang dulu, yang bisa saya pelukin kalo saya lagi sedih. Tapi emang bener ada yang bilang semua ada masanya, kita cuman bisa nikmatin ketika momen itu terjadi karena suatu saat orang yang bikin kita bahagia mungkin bukan orang yang sama lagi. 

Untuk menuju karimunjawa, kita harus menyeberang dari pelabuhan Kartini, Jepara ataupun pelabuhan Semarang. Tersedia beberapa pilihan kapal seperti kapal fery, kapal express. Denger-denger sekarang sih udah ada pesawat kecil, tapi saya masih takut buat nyobain. Kemarin kami memilih untuk naik kapal fery dengan lama perjalanan 5 hingga 8 jam. Biayanya sendiri 59ribu rupiah tapi karena kami membawa motor untuk ikutan nyebrang juga jadi harus membayar 50ribu lagi. Saran saya selama di kapal, kalian bisa sewa tikar di kantin untuk tidur terutama buat kalian yang gampang mabuk karena gelombangnya gede jadi goyangan di kapalnya berasa banget. Jangan gengsi buat tidur di lantai dengan tikar, karena 90% penumpang akan melakukan hal yang sama.





Ngomong-ngomong soal menyeberang, cuaca di perairan karimun moody banget. Jadi mungkin aja kamu bisa nyebrang tapi nggak bisa balik karena gelombang lagi tinggi. Jadi bawa uang cash ekstra untuk jaga-jaga karena ATM disini hanya tersedia BRI dan sering offline. Secapek-capeknya kamu di perjalanan dan kapal, akan terbayarkan ketika sampai di pelabuhan dan melihat air yang biru dan bening.



Day 1

 Hari pertama sampai,kurang lebih pukul 12 siang dan badan berasa capek banget jadi setelah makan siang di warung kami pun tidur sampai malam. Makan siang kali ini istimewa banget, karena makan di warung bu Esther yang berada di pinggir pantai. Harga makanan disini cukup terjangkau, satu piring nasi sepuasnya dengan sayur dan ikan setengah ekor serta es jeruk 2 gelas cukup 18ribu saja.



Bangun-bangun sudah malam dan perut lapar sekali, jadi kami memutuskan ke tempat gaul karimun. Apalagi kalau bukan alun-alun yang hits itu. Disana banyak pedagang seafood beraneka macam dan bisa dimasak apa saja. Saya memesan ikan bakar untuk hari pertama, harganya 40ribu belum termasuk nasi. Cukup mahal, apalagi harga weekdays dan weekend berbeda. Untuk weekend bisa naik 2 kali lipat. Setelah itu kami menyusuri jalan karimun dan sampailah ke jalan beraspal kecil yang di kanannya ada pantai yang jalan menuju sana masih susah. Mungkin kalau kamu lama di karimun bisa eksplor siang harinya.

Day 2

Hari ini rencananya snorkeling dan liat sunset dari atas kapal. Untuk paket setengah hari (dari jam 9 pagi sampai jam 6 sore) harganya 150-250ribu tergantung nego dan kamu ikut kapal yang mana. Kapal saya isinya 4 lokal dan 4 wisatawan mancanegara.


Yang kanan adalah pemandunya, namanya Aladin. Lucu banget apalagi dia cerita soal masa mudanya yang gaul dan lain-lain. Selain itu dia juga suka pamer kulitnya yang eksotis, katanya ini kulit mahal. Ada 2 pilihan tour ini kata Aladin, yakni barat dan timur. Kali ini kami memilih barat karena arusnya lebih tenang.

Setelah naik boat selama kurang lebih 30 menit, kami menuju spot snorkeling pertama di tanjung gelam. Awalnya saya takut banget buat nyemplung karena dalam dan takut ada hiu besar trus ntar dimakan, jadi saya nyemplungnya dalam keadaan masih pakai life jacket tapi kata pemandu kalau mau lebih bebas harus lepas jaket jadilah saya memberanikan diri lepas jaket dan ternyata enggak tenggelam ! Yayy..





Setelah puas di spot ini, dilanjutkan dengan makan siang di pulau cemara kecil.  Cemara kecil memang biasanya menjadi tempat makan siang dan barberque-an.




Ini dengan peserta tour lainnya. Anyway ada yang kenal cewek baju polkadot ngga? saya lupa namanya tapi pengen minta file foto :(

Setelah makan siang kami pun melanjutkan ke spot snorkeling kedua tapi saya lupa namanya, pokoknya ada paradise nya gitu. Jika di sesi pertama saya masih takut, sesi kedua ini saya langsung nyemplung aja gitu. Viewnya lebih cantik daripada spot pertama, dan ikannya lebih berwarna-warni.
Ini foto waktu fish feeding. Bener-bener cantik banget view di bawah laut. Saya harus balik kesana lagi pokoknya. Sensasi liat banyak ikan makan di deket kamu itu rasanya nggak bisa dibayar pake apapun juga.


Fix cantik banget kan??

Dan terakhir kami ke pulau cemara besar untuk menikmati sunset. Saya iseng ngubur diri di dalem pasir. Rasanya enaaaak banget, kayak dipeluk dan hangat.





Sampai di pulau karimun kurang lebih pukul 7 malam. Saya lagi agak cranky kayak bayi besar karena dehidrasi, kulit perih karena sunburn dan kaki yang lecet tergores karang. Saya jadi lebih sensitif kayak testpack. Biasanya kalo si Radit udah mulai jaim dan cuek, saya bakalan cari temen lain. Tapi kalo ini saya sampai nangis. Padahal masalahnya sepele banget. Rasanya tuh udah kayak mau ngelempar Radit ke samudera biar dimakan sama hiu.


Kulit saya yang merah dan perih banget serta badan saya yang demam dan pusing karena dehidrasi.


Makan malam di Alun-alun lagi. Kali ini malam minggu dan rameee banget. Harga makanan juga jadi dua kali lipat, biasanya cumi-cumi 20 ribu sekarang 50 ribu. Ternyata temen saya ada yang ke karimun jawa juga, dan janjianlah kami ketemu sekaligus makan bareng. Temen traveling saya udah pergi buat survey entah apalah, untungnya ada temen saya yang baru dateng tadi yang bersedia nyariin saya obat dan nemenin di penginapan. Kita ngakak-ngakak semaleman, they really made my day!

Karena saya sebel sma radit, ini saya mau share muka dia paling jelek biar cewek yang pada naksir sama dia ilfeel *ladypon emang jahat*




Hari ke 3

Pagi ini saya udah harus ninggalin karimun jawa, rasanya nggak mau pulang karena masih betah di sini. Rute balik sama seperti sebelumnya, naik kapal fery dan naik motor menuju solo. Bedanya jika hari pertama kami melalui Semarang, saat pulang kami lewat Purwodadi.


saya dan Radit yang mau saya lemparin ke samudera :))


Tips dari saya buat kamu yang mau ke Karimun Jawa

1. Kalau kamu cuman 2 orang kayak kami, lebih baik lepasan aja karena kalau pake tour sepaket gitu lebih mahal. Tapi kalau kamu rombongan lebih baik pakai tour karena lebih praktis dan nggak ribet. Oh ya, kalau bisa kelipatan 3 karena paket tour satu kamar 3 orang.

2. Kalau kamu indie kayak saya, lebih baik antri di pelabuhan dari pukul 5 pagi karena tiket ferry terbatas dan nggak boleh pesan dari jauh-jauh hari. Kalau habis kamu harus nunggu 2 hari lagi baru bisa nyebrang.

3. Jangan lupa bawa sunblock untuk wajah dan badan untuk mengurangi resiko sunburn.

4. Bawa obat-obatan dan lotion anti nyamuk karena banyak nyamuk di penginapan.

5. Bawa minuman isotonic size besar (2 liter) saat snorkeling agar tidak dehidrasi.

6. Karena saya beauty blogger dan saya tetep pengen hits saat liburan, saya pakai red lips biar nggak perlu dandan hebring tapi tetep hits.

7. Bawa crackers, biskuit atau roti yang sudah kadaluwarsa. Bukan buat ngeracunin orang, tapi buat ngasih makan ikan karena dari pihak penyedia kapal hanya memberikan masing-masing satu lembar roti tawar. Kan nggak puas :(

8. Kalau bisa kamu bawa underwatercam atau action cam macam gopro atau xiaomi yi. Saya aja baru nyesel sekarang enggak bawa action cam. Data foto saya bergantung sama dokumentasi mas  guidenya yang hasilnya belum tentu bagus.

9. Bawa cash cadangan kalau kamu terhalang ombak dan nggak bisa pulang.

10. Bawa powerbank karena listrik hanya nyala dari pukul 18.00-06.00

11. Operator selular yang bisa di karimun jawa hanya telkomsel, selain itu hanya bisa sms dan telpon.


kalau saya bilang sih jangan ke Karimun Jawa nanti kalian bakalan nyesel. Saya aja nyesel setengah mati. Nyesel karena nggak bisa stay lama, nyesel karena kenapa baru sekarang kesini, nyesel karena pengen balik kesana lagi suatu hari.

Rencananya Januari awal saya mau kesana buat birthday trip, ada yang mau ikutan? YUK!!




3 komentar:

  1. owwwhhh seru yaaaa.. tapi tampak gak toddler friendly :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyanih, kayaknya lebih ke anak muda yang mau liburan atau orang tua yang mau hanimun :))

      Hapus
    2. wisata di >> karimunjawa memang joss.!!
      yuk tetap jaga kelestariannya dengan tidak memegang atau menginjak karang.
      biar tempatnya tetap oke, alamnya senantiasa indah alami. info harga paket karimunjawa juga masih terjangkau, apalagi untuk anda yang ingin menghabiskan waktu liburan setelah menikah, cukup pilih paket honeymoon karimunjawa, cocok untuk 2 orang yang sedang berbulan madu dan untuk anda yang suka petualang, ada juga paket karimunjawa murah ala backpacker, enak to... dimana lagi ada yang semurah harga paket wisata karimunjawa disini.
      informasi selengkapnya paket tour karimunjawa bisa juga cek sumbernya disini >> harga paket karimunjawa

      Hapus

Makasih banyak udah ngasih komen ^^. Komentar no SARA dan tolong cantumkan nama kamu ya