Kamis, 12 Juni 2014

Nggak Punya Manner, Ish !

Halo ladies semua, yang nggak ladies juga halo !



Postingan kali ini saya mau bahas manner, pasti kalian semua tau kan? Itu loh, kalo di Solo disebutnya unggah-ungguh, sopan santun, tata krama, nah begitulah. Intinya sih sikap sopan dalam bertindak. Sebagai orang Indonesia, kita harus punya tata krama dalam kehidupan sehari-hari. Nggak usah sampe jalan bungkuk di depan orang lain atau sampai bilang maaf terus kayak mpok Minah di Bajaj Bajuri, cukup kamu menganggap orang yang kamu ajak bicara adalah orang, bukan tembok.



Saya bikin postingan begini soalnya lagi sebel tingkat dewa. Jadi ceritanya ada yang nge-add BBM saya, sebagai cewek yang cantik baik hati, seksi dan montok maka saya menerima kontaknya. Nah, si mbak ini, sebut saja D beberapa hari pertama selalu chatting sama saya. Tanya saya beli makeup dimana, kalo di X sama Y murah mana, terus foundie yang bagus apa... bla... bla.. kayak biasanya kalau ada reader yang tanya. Saya jawab dengan sopan dan bahagia, soalnya saya merasa temen-temen reader menganggap saya ada. Tapi nih, si D tiap kali nanya selalu bahasanya disingkat-singkat sampai saya nggak bisa baca sekali aja, lantas setelah selesai bertanya dia nggak pernah menulis, terima kasih mbak, atau gimana. Pertama, saya nggak pernah dibayar dia tapi saya ngerasa kayak dia jadi majikan saya pelayannya. Kedua, saya ragu mbak D ini waktu sd diajari PPKN enggak sama gurunya. Enggak minta buat dihormati kayak ratu kok, cuma cukup dia memberi sedikit apresiasi dengan terima kasih aja, eeewwwwh.


Kalo kata si Mbak Celle, bersikap sopan itu nggak ada salahnya kan? Kalau kamu sudah berkomentar tidak sopan dan yang dikomentari masih mau menanggapi dan tersenyum itu tandanya dia masih mau ngasih kamu kesempatan karena dia percaya kamu lebih baik dari itu. Tapi percayalah, jarang ada kesempatan seperti itu dua kali.


Balik lagi ke manner,
Kenapa sih penting banget punya hal itu?
karena dengan menunjukan sikap santunlah, seseorang dapat dihargai dan disenangi dengan keberadaanya sebagai makhluk sosial dimanapun tempat ia berada. Temen-temen bisa membayangkan kalau kalian enggak dihargai dan disenangi? Saya sih bisa, orang saya cuek bebek kok. Kalau menurut saya pribadi, manner itu menunjukan kelas sosial kamu. Bukan kaya miskin terkenal enggak terkenal, tapi kelas sosial seberapa kamu sudah bisa memahami lingkungan dan orang lain. Kalau kamu nggak punya manner, berarti kamu berada di kelas sosial paling rendah. Nggak takut?  Nggak bisa memahami orang lain, berarti kamu belum bsia memahami diri sendiri.


Nah, cara untuk sopan dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut

1.   Maaf, permisi, terima kasih

Selalu berusaha untuk mengucapkan kata maaf kalau kamu merasa salah. Permisi setiap kamu mau menyela atau lewat, dan terima kasih kepada orang lain yang kamu rasa dia telah membantu kamu. Kalau kamu udah bisa mengucap 3 kata diatas berarti kamu hebat! Jagoan banget deh. Ngalahin supermen, betmen, ketwomen dan lainnya.

2. Tidak Mencampuri Urusan Orang Lain

Kamu seneng nggak kalau urusan kamu dicampuri sama orang lain? Kayak misalnya kamu lagi ngobrol terus tau-tau ada yang nyela dan nggak nyambung? Kayaknya orang normal nggak akan suka deh. Jadi sebelum kamu mau mengurusi urusan orang lain, mbok mending ngurusi diri sendiri dulu, nanti kamu lelah lho.


3. Menghormati Diri Sendiri, Orang Lain dan Lingkungan

menghormati diri sendiri itu penting banget ladies! Sebelum kamu menghormati orang lain, cus menghormati diri sendiri dulu. Nggak bikin malu diri sendiri di depan orang lain contohnya. Menghormati orang lain kayak yang biasa diajarin guru PKn ya, bertutur kata sopan dan yang kayak gitu, pasti kalian udah ngerti deh. Nah, yang menghormati lingkungan contohnya nggak buang sampah sembarangan, coba bayangin lingkungan yang buang sampah di kamu, nggak mau kan? :(

Sekian obrolan tentang manner yang nggak begitu jelas ini. Kalian ada tambahan untuk bersikap sopan kah? Yuk bagi di kolom komentar :)

10 komentar:

  1. Ah, aku lelah...
    *habis mencampuri urusan orang lain yang lagi mau nyapres itu tuh*

    BalasHapus
    Balasan
    1. -_____- kamu mo jadi presiden juga brah?

      Hapus
  2. SAMAA BANGET POOONNNN!!!!!!

    Sempet jugaaa gue ada yang nanya panjang lebar, udah gue jelasin ampe pegel, eh dia terakhirnya cuma dia baca doang kaga ada tuh namanya makasih blablabla -__-"

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kan! kalo gituuu pengen dilempar pake sendal swallow sumpah :(
      blas nggak ada mannernyaaa huft

      Hapus
  3. aduhhh pukpuk kamu yos :p kalau aku sih paling sebel kalau ada orang yang nyela antrian, cantik-cantik kok ngga tau budaya antri

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo nyela antrian mah tegur aja! :D

      Hapus
  4. iyaa.. ada yg nanyaaa teruss...tp kl udah ngilang tanpa babibu

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus nanti dateng lagi kalo butuh :(

      Hapus
  5. tukang nyontek jg kadang ga punya manner hahahaha :D , enak banget tuh, kyk makan disuapi eh masih ditelenin... klo ga temen sendiri awas aje lu.. wkwkwkwk :D why it so hard to say thank you? "

    lebih memilih org yg blg maaf daripada sorii ,sorry, sory

    BalasHapus
  6. lebih koplak lagi ad yg nanya : klo lahir tahun tujuh delapan umurny brp y mbx?, ini udah nanya angkanya pake ditulis huruf lagi -_- udah dikasi tau ga makasih LOLOLOLOL... klo ada yg minta nomor hp mending tulis huruf aja

    BalasHapus

Makasih banyak udah ngasih komen ^^. Komentar no SARA dan tolong cantumkan nama kamu ya