Kamis, 21 November 2013

Bullying dan Ancaman Hukumannya

Ini beauty blog ya? *berlagak lupa* 

Tapi kali ini saya nggak bakalan bahas tentang beauty-beautyan, cuman sebagai cewek yang cantik dan cerdas kita harus tau info yang bakalan saya tulis ini. Seberapa penting sih? Penting banget. Soalnya menurut saya pribadi, percuma cantik kalau kelakuannya enggak bener dan suka nyakitin orang lain, udah ke laut aja deh.

Ada yang udah tau apa itu bullying? Kayaknya semua orang tau deh artinya. Jadi bullying itu berarti penggertak atau menyerang orang yang lebih lemah. Fenomena bullying yang sering terjadi di Indonesia adalah penindasan, penggencetan, perpeloncoan, pemalakan, pengucilan atau intimindasi.  Efek pembullyan sendiri nggak cuman keliatan dari luar kayak luka berdarah atau memar, tapi membekas SELAMANYA. Udah saya capslock dan blok ya tulisan selamanya. Suatu hal dapat dikatakan pembullyan apabila korbannya mendapat beban mental psikologis.  Mereka yang dibully akan mengalami kondisi mental dan psikologis yang terganggu seperti suka menyendiri, minder, putus asa dan nggak jarang sampe bunuh diri. Perilaku bullying biasanya tidak hanya terjadi sekali, tetapi berulang bahkan bertahun-tahun.

"Kita tidak bisa mengabaikan intimidasi yang membahayakan dan tak terelakkan sebab akan menjadi bagian dari pertumbuhan hingga dewasa. Kita perlu mengubah pola pikir dan mengakui bahwa bullying adalah masalah serius bagi individu bahkan negara secara keseluruhan. Bullying memiliki efek jangka panjang dan signifikan." Dieter Walke


Ada 2 jenis bullying, yakni Indirect bullying dan direct bullying. Bahasa indonesianya sih langsung dan nggak langsung. Yang langsung secara fisik seksual dan verbal. Sedangkan yang tidak langsung adalah sosial 

1. Bullying Verbal
Bullying ini dilakukan menggunakan kata-kata, baik didunia nyata maupun jejaring sosial. Biasanya sih berupa ejekan nama keluarga, orang tua, fisik dll. Beberapa contoh perbuatannya antara lain :
  • Mengatakan sesuatu hal yang buruk atau memanggil seseorang dengan julukan yang tidak baik
  • Mengatakan rumor yang tidak benar tentang seseorang yang membuat orang lain tidak menyukai orang tersebut
  • Membentak seseorang, dll
Yang bikin saya sebel banget, bullying model ini jaman sekarang kayak lagi trend di Indonesia, liat aja contohnya di tv xx di malem hari, acara komedi. Ngatain orang lain dengan pedes banget kayak pantat wajan, atau banci kaleng yang justru semakin kasar semakin lucu menurut mereka. Gimana kalo hal tersebut dicontoh sama anak kecil atau orang yang ngeliatnya??



2. Bullying Fisik dan Seksual
Bullying ini yang paling keliatan bekasnya. Adanya luka, lebam dll. Beberapa contohnya adalah :
  • Pelecehan seksual
  • Pemukulan, penjegalan, penendangan. dll



3. Bullying Sosial
Yang satu ini biasa terjadi di lingkungan pertemanan atau kehidupan sehari-hari ataupun di jejaring sosial. Beberapa contohnya antara lain :
  • pengucilan
  • pemerasan, dll
Karena saya mahasiswi hukum, jadi sedikit banyak saya tanya sama dosen saya hukuman bagi pelaku bullying. Awalnya saya pikir nggak ada hukumannya menurut UU, tapi tenyata ada. Pelaku bullying bisa dikenakan pasal 170 KUHP atau pasal 80 UU tentang perlindungan anak. Keduanya punya ancaman hukuman yang sama, yakni 5 tahun penjara. Selain itu ada juga pasal 335 ayat 1 tentang perbuatan tidak menyenangkan dengan ancaman hukuman 1 tahun. Bahkan kalau bullying secara fisik dan seksual bisa dikenakan lagi pasal kekerasan/penganiayaan dan pelecehan seksual. Ancaman hukumannya juga dari 2 tahun sampai 8 tahun. Selain dai undang-undang juga bakalan ada hukuman secara sosial yakni pengucilan dan lain-lain. Wow, masih mau melakukan bullying?


Nah sekarang buat kamu yang mengalami bullying, apa sih yang harus dilakukan?
  1.  Tegaskan pada diri sendiri bahwa perbuatan bullying itu tidak baik dan dosa.
  2. Kalau kamu mengalami pembullyan secara fisik dan seksual, segera pergi ke rumah sakit untuk visum dan buat laporan di kepolisian serta komnas HAM, kalau di bawah umur bisa ke komnas perlindungan anak.
  3. Kalau bullyan secara verbal, misal memanggil dengan julukan si jelek dll, biasanya sih hal ini sebagai bahan bercandaan dalam lingkungan pertemanan, sesekali nggak papalah, tapi harus ada aturannya dengan siapa, kapan dan dimana. 
  4. Kalau kamu ngeliat orang lain dibully, kamu harus bantuin mereka kalo mereka udah keliatan nggak nyaman.

Buat kamu yang abis baca pos ini ngerasa kalo masih suka ngebully orang, yuk stop sampe disini, karena yang kamu lakuin bisa bikin efek yang bahkan kamu nggak bisa duga. Bayangin aja orang yang kamu ejek-ejek besok tiba-tiba mati karena perbuatan kamu, berarti kamu adalah seorang pembunuh. Mau dijuluki pembunuh? Lagian masih ada balasan dari yang diatas lho, kalo nggak ke kamu langsung ya bakalan ke keluarga kamu. Mau keluarga kamu juga dibully? Nggak kan?

Sekali lagi, Yuk stop bullying di Indonesia !!


Ladypon

15 komentar:

  1. guess what ...
    aku pernah ngalamin semuanya....
    hahaha, bener2 dh , di bully itu gak enak bgt, rasanya mau berontak tpi gak bisa
    dulu aku sih santai aja, dendam pu nggak , jusstru sekarang baru terasa bencinya. apalagi org2 yg dulu mem bully ku, sekarang dengan santainya say hai sama aku, gila bgt gak tuh, hahaha. tpi aku sih biasa aja, biar Tuhan yang balas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ampun, ternyata anak sd jaman dulu udah bisa bully :'

      gapapa dear, Tuhan nggak pernah tidur :)

      Hapus
  2. pas SD aku pindah dan jadi murid baru nih aku kena bully juga, sampe dikunciin dikamar mandi yg udah gak kepake segala (;-_-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampe segitunya dikunci? Tega banget :(

      Hapus
  3. kalo saya pernah membully orang yang melakukan bullying kpd teman dekat saya *balas dendam nih ceritanya*. Sebenernya salah sih, tp kalo nggak gitu, dia nggak akan kapok membully orang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi boleh kok kalo ngasih pelajaran, tapi jangan over yaaaa :)

      Hapus
  4. iya, setuju, stop bullying...
    mestinya hukum tentang bullying ditempel di tiap sekolah biar semua pada ngerti

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti kalo ladypon jadi presiden, bakalan ditempel stop bullying di semua sekolah :)

      Hapus
  5. aduh jadi nangis bacanya kak,
    aku juga pernah ngerasain dibully gitu...
    Ya sampe minder dan takut jalan sendiri gitu, tapi aku tahan dan sabar diri aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. diah, kamu kuat ! Semua nggak ada artinya kalo kamu udah kuat, suatu hari kamu bakalan ketawa kalo inget semuanya :)

      Hapus
  6. Jujur aku dari kecil d bully trus sampe sma dan rasanya sungguh ngak enak dan nyakitin banget decara fisik dan mental!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyalah mana ada bullyan yang enak :(
      kamu harus lawan dong !

      Hapus
  7. jujur Q juga pernah dibully gara2 badanku yang agak over dan kulitku item..
    waktu SD q dipukuli di kepala tiap hari mpe pusing..
    pas SMP dibullynya kbnyakan kata2..dr yang mulai bilang jijik sm q ,sampe ngeludahin Q..
    kalo diinget2 cuma bikin sakit hati aja..tapi g pernah bisa.
    smpe ga percaya sama namanya temen... untung pas SMA ga ad yg kyk gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ampun, itu anak sd sama smp jahat banget :((((
      Kamu pasti kuat frista ! :)

      Hapus
  8. Dari awal aku masuk SMA ampe skrg(kelas 12/3 SMA),aku udah ngalamin bullying secara non verbal ama secara social,aku sih cuman bisa ngadu ama mama n sahabat-sahabatku aja...Thank you kak udh post ini...Walaupun agak telat sih...

    BalasHapus

Makasih banyak udah ngasih komen ^^. Komentar no SARA dan tolong cantumkan nama kamu ya