Jumat, 09 Mei 2014

Ciri Khas yang (Ternyata) Penting Banget

Kalau biasanya ngomongin soal beauty atau kegiatan sehari-hari yang (nggak) menarik, sekarang saya mau cerita soal ciri khas seseorang yang ternyata penting banget. Soalnya tanpa ciri khas itu kamu bakalan dilupakan oleh orang lain. Kata mudah dilupakan oleh orang lain bikin saya merinding, ngeri. Saya nggak mau jadi orang yang biasa aja! Bayangin aja, orang udah ketemu kamu sekali terus besoknya ketemu lagi dan lupa sama kamu, sakit kan?

Apalagi dalam hal perbloggingan, jujur aja akhir-akhir ini saya (lagi) sering main ke berbagai macam blog dan beberapa diantaranya nggak ada ciri khasnya, saya sampe lupa udah main kemana aja. Tulisannya singkat padat dan nggak ada isinya. Fotonya udah nggak jelas, kualitasnya juga pecah, banyak noise nya. Tapi banyak juga blog yang bagus, tulisannya lucu, kadang ada yang singkat tapi langsung ke isinya. Editan fotonya enggak over dan kalau lagi beruntung nemu blog yang fotonya vintage macam pake vscocam.




Sebenernya kenapa sih penting banget ciri khas itu? Hasil dari mewawancarai beberapa narasumber random, kebanyakan mereka bilang penting untuk mengenali dan menjadi berbeda dari orang lain. Singkatnya keunikan yang nggak semua orang lain punya dan atas bukti eksistensi mereka di dunia.

Lantas gimana sih caranya agar punya ciri khas?

Jadi diri kamu sendiri . Misalnya nih, kamu sebenernya orangnya kocak terus kamu disuruh bikin tulisan. Buatlah tulisan selucu mungkin tanpa meninggalkan kesan serius dan inti dari tulisan tersebut. Kalau kamu orang yang suka pamer, ya jangan nanggung. Misalnya kamu mau pamer mobil atau rumah baru kamu, sebelum kamu foto buat dipamerin, hias rumah kamu atau mobil kamu dengan bunga atau balon, kalo mau pajang pacar juga boleeh. Semua itu harus total, darla.

Temukan suatu hal yang bikin orang lain selalu ingat kamu. Misalnya nih, ada blog yang saya suka dan ingat banget bukan karena tulisannya  tapi karena gambarnya yang vintage dan lucu. Ada juga blog yang saya suka karena tulisannya lucu, walaupun gambarnya biasa aja. Intinya pilih satu hal yang bisa kamu tonjolkan.

Percaya diri. Ini yang paling utama, kamu harus percaya sama diri sendiri. Punya ciri khas berarti kamu bakalan sendiri, nggak ngikutin siapapun bahkan kamu bakalan siap-siap diikutin sama banyak orang. Tetap percaya kamu sudah melakukan yang terbaik.

Jadi, sekarang pilihan kamu, mau gampang diingat orang atau mudah dilupakan. Tunggu apalagi, yuk tunjukin kamu punya ciri khas! And say no to plagiarism! :)




12 komentar:

  1. waduh yos saya kesindir nih sama kamu.hehe becanda . saya juga baru sadar kalau tulisan awal-awal saya ngeblog itu ancur minah fotonya apalagi tapi sedikit sedikit saya belajar sana sini gimana ngeblogging yang baik gimana nyari angle foto yang tepat. bingung juga ciri khas saya apa *brb semedi biar nemu pencerahan ciri khas*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi sok semedi cari ciri khas :P
      jangan mau jadi orang yang pasaran

      Hapus
  2. setuju! bener banget, harus ada yg unik dari sebuah blog or else it will be boring :) keep posting, dear!

    xx,
    felishmichelle.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi asik sependapat, oke thanks! keep posting juga yaaa

      Hapus
  3. Betul sekali ciri khas emang penting..
    Tapi aku kadang bingung sendiri.. apa yang aku punya sampai bisa dijadiin ciri khas ku :(

    www.nonahikaru.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin kamu harus semedi dulu terus mendaki gunung lewati lembah :)

      Hapus
  4. Fitria Kurniasih5/15/2014 05:21:00 PM

    klo ciri khas Ladypon apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyakan foto dibanding kata-kata. hahahaha

      Hapus
  5. Uye Makkk, mari mulai melakukan personal branding :D

    BalasHapus

Makasih banyak udah ngasih komen ^^. Komentar no SARA dan tolong cantumkan nama kamu ya